BERAU – Upaya memaksimalkan pelayanan tetap terjaga dan maksimal untuk masyarakat yang membutuhkan setiap hari, Perumda Batiwakkal pun rutin lakukan perawatan pengelolaan air bersih.
“Kalau untuk kapasitas kita 860 liter per-detik dan 100 persen itu terpakai khususnya wilayah perkotaan,” kata Direktur Perumda Air Batiwakkal Saipul Rahman, Rabu (4/12/2024).
Selama ini proses pengelolaan air bersih di Perumda Batiwakkal ada beberapa tahap salah satunya filtrasi atau penyaringan.
“Proses filtrasi atau penyaringan air bersih agar terbebas dari bakteri,” ungkapnya.
Tak hanya itu, kata dia proses pengelolaan atau filtrasi air bersih dari Perumda Batiwakkal hanya berlangsung satu kali sebelum penyaluran ke masyarakat.
“Untuk pengelolaan filtrasi air bersih hanya sekali dan di Tanjung Redeb di Jalan Raja Alam kapasitas air di sana mencapai 400 liter per-detik,” ujarnya.
“Ada juga di tempat lain seperti di Sambaliung itu penyaluran air bisa mencapai 80 liter per-detik,” sambungnya.
Kemudian pihaknya mengungkapkan selama ini proses penyaluran dan pengawasan kadar air bersih kepada masyarakat terus berjalan serta melibatkan tim khusus yang terbagi tiga shift.
“Jadi kualitas air kami upayakan tidak keruh dan kecoklatan serta meminimalisir namanya pemadaman air bergilir hingga bisa dinikmati seluruh masyarakat,” tegasnya,
Begitu pun dirinya menjelaskan bakal terus-menerus lakukan sosialisasi rumah ke rumah mengenai ada layanan air bersih menggunakan mobil tangki 24 jam.
“Kita ada juga pelayanan air bersih berupa pengantaran dengan mobil tanki itu juga kita sosialisasi ke masyarakat dan jemput bola,” pungkasnya. (*)
Reporter: Georgie
Editor: Ramli